Merasakan Dinginnya Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar Visit Solo

Pesona lereng gunung lawu seakan tiada habisnya, sumber daya alam yang terdapat di wilayah ini cukup banyak, bagi para traveller yang berkunjung kesini akan banyak menemukan tempat wisata yang menarik untuk didatangi, salah satunya adalah Air Terjun Jumog. Wisata air terjun yang tidak kalah menarik dengan Grojogan Sewu Tawangmangu ini berlokasi di Dusun Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang didekatnya ada objek wisata Telaga Madirda.

Untuk rute ke Air Terjun Jumog tidaklah sulit, dari kota Solo bisa melewati Jalan Raya Solo – Tawangmangu ke arah timur sampai ke plakat menuju Jumog lalu belok kiri masuk Kawasan Wisata Sukuh Cetho melalui rute utama Jalan Karangpandan – Ngargoyoso sekitar 4-5 km kemudian belok kanan pada plakat Air Terjun Jumog, atau bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps, untuk tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara (harga bisa berubah sewaktu-waktu), untuk waktu operasionalnya adalah mulai jam 08:00 hingga 16:30.

Begitu sampai ke kawasan wisata Air Terjun Jumog hawa dingin dan sejuk khas pegunungan pun terasa. Dari lokasi tiket ke objek air terjunnya masih harus jalan kaki melewati sekitar 116 anak tangga. Selama perjalanan bisa sambil menikmati pemandangan sekitar lereng gunung lawu yang asri.

Air Terjun Jumog Karanganyar Visit Solo

Wisata andalan masyarakat Ngargoyoso ini juga terdapat sungai dari Air Terjun Jumog yang cukup jernih yang bisa dipakai untuk main air, disekitar sungainya terdapat banyak warung yang tersedia makanan dan minuman dengan harga yang variatif, jadi tidak perlu takut kelaparan disana. Untuk makanan sendiri yang khas disini adalah sate kelinci, pengunjung bisa menikmati makan dipinggir sungai yang sudah disediakan tempat makan berupa meja dan tikar sehingga menjadi pengalaman yang beda dan unik.

Untuk fasilitas penunjang di kawasan wisata Air Terjun Jumog sudah tersedia toilet dan kamar ganti. Rasa lelah selama perjalanan pun terbayarkan dengan indahnya pemandangan Air Terjun Jumog dan sekelilingnya yang memanjakan mata. Pengunjung dapat merasakan dinginnya air pegunungan sambil berfoto mengabadikan momen di Air Terjun Jumog bersama orang-orang tercinta.

Wisata favorit di Kabupaten Karanganyar ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang ingin merasakan air terjun langsung dari pegunungan yang jernih dan dingin.

#visitsolo #visitsolocom