Sejuknya Suasana Hutan Cemoro Sewu di Klaten

Berteduh dibawah pepohonan tentu dapat menciptakan suasana yang menenangkan pikiran, suasana tersebut bisa dinikmati dikawasan wisata hutan Cemoro Sewu di Desa Banyuripan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, sebuah wisata yang bisa dikunjungi di Kecamatan Bayat selain Makam Sunan Pandanaran, Rawa Jombor, dan Bukit Cinta Watu Prahu. Untuk rute ke Cemoro Sewu tidaklah sulit, dari arah Cawas ke Bayat sekitar 280 meter sebelum ringin banyuripan belok kanan pada gapura selamat datang lalu tinggal lurus terus maka sampai ke objek wisata Cemoro Sewu.

Suasana hutan Cemoro Sewu yang asri menjadi tempat bersantai yang pas apalagi sudah banyak gazebo yang dibangun diarea Cemoro Sewu sehingga bisa dipakai untuk melepas penat. Pemandangan dari atas puncak Cemoro Sewu tidak kalah menarik dengan wisata gunung lainnya. Hamparan pepohonan hijau terpampang dari sini ditambah udara yang segar menciptakan suasana yang natural.

Cemoro Sewu bisa dijadikan area piknik keluarga maupun outbond serta hunting foto yang memadai. Pepohonan cemara yang banyak menjadikan wisata ini khas dan jarang dijumpai di Klaten. Dari area parkir sampai puncaknya pun tidak terlalu jauh, dibeberapa jalan mendakinya sudah ada gazebo yang bisa dipakai untuk istirahat sejenak jika lelah mendaki.

Kawasan wisata Cemoro Sewu masih dalam tahap pembangunan, saat penulis datang kesini terlihat dijalan naik ke puncaknya baru sebagian didekat puncaknya yang sudah dicor dan jalan mendakinya masih dengan tanah, untuk masuknya gratis dan hanya dikenakan biaya parkir yaitu Rp 2.000 per motor. Bagi yang suka wisata alam, Cemoro Sewu bisa dijadikan pilihan yang layak dicoba.