Yuk Bersantai di Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang Solo

Ditengah hiruk pikuknya daerah perkotaan sering kali dibutuhkan lahan hijau sebagai tempat relaksasi. Di kota Surakarta / Solo sudah terdapat sebuah lahan hijau yang asri yakni Taman Balekambang.

Taman Balekambang mulanya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921 yang diperuntukkan kedua putrinya yaitu GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Taman Balekambang berada di Jalan Ahmad Yani Surakarta tidak jauh dari stadion Manahan Solo.

Taman Balekambang menjadi kawasan hutan kecil yang berada diantara gedung-gedung yang dibangun dikota Solo ini menjadi solusi bagi yang ingin berekreasi bersama keluarga maupun teman. Didalam Taman Balekambang terdapat banyak pepohonan yang besar dan rindang sehingga bisa dipakai berteduh dibawahnya.

Tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung khususnya pada hari minggu karena menjadi salah satu ikon dikota Solo. Tidak hanya untuk bersantai, tak jarang Taman Balekambang dipakai untuk mengadakan event tertentu atau outbond karena areanya cukup luas ditambah lagi dengan adanya arena pertunjukan.

Dari segi fasilitas, Taman Balekambang sudah cukup memadai dengan adanya mushola dan toilet serta arena bermain yang bisa dipakai untuk anak-anak. Di Taman Balekambang juga banyak terdapat beberapa jenis satwa diantaranya rusa dan monyet yang sengaja dilepas sehingga pengunjung bisa lebih dekat dengan satwa ini namun kehadiran hewan-hewan tersebut tidak mengganggu aktivitas pengunjung karena sudah lumayan jinak.

Taman Balekambang Solo

Selain itu di Taman Balekambang juga terdapat danau kecil yang semakin menambah nyaman suasana taman, bisa juga dijadikan objek berfoto bagi yang hobi hunting foto. Didanau tersebut pengunjung bisa menyewa perahu yang tersedia disana serta alat pancing bagi yang ingin memancing di danau tersebut.

Taman Balekambang dibuka setiap harinya dari jam 07:00 hingga 17:00. Untuk masuk ke Taman Balekambang tidak dikenakan biaya cukup membayar biaya parkir saja. Taman Balekambang menjadi area yang memadai dan murah bagi masyarakat sekitar untuk piknik menikmati udara segar ditengah kota Solo.

 

#visitsolo